Poin-poin Penting untuk Diingat tentang Bus Mandala
Dikenal sebagai PO favorit para pelaju dari Kertosono, Jombang, dan Mojokerto ke Surabaya membuat Bus Mandala cukup populer di Jawa Timur, apalagi sejak resmi bergabung dengan PO Handoyo dari Magelang. Keduanya saat ini berada di perusahaan transportas yang sama yaitu PT. Indo Transport Abdimas.
- Sejak bergabung dengan Handoyo, Mandala tidak hanya melayani rute untuk para pelaju dari beberapa kota kecil di Jawa Timur tetapi juga menyediakan armada AKAP (antar kota antar provinsi) ke berbagai kota di Pulau Jawa. Kantor pusat untuk armada ini berada di Surabaya.
- Selain Kota Surabaya, operator bus ini juga melayani kota-kota kecil di Jawa Timur, seperti Mojokerto, Kertosono, dan Jombang.
- Rute bus Mandala paling ramai adalah Surabaya-Bandung dan Surabaya-Tasikmalaya ataupun sebaliknya.
- Untuk armada AKAP, Mandala menggunakan bus high deck dengan konfigurasi kursi 2-2 AC bertipe non-Ekonomi. Sementara itu, bagi para pelaju, armada yang digunakan adalah Legacy Sky dari Karoseri Laksana.
- Setiap tipe bus Mandala untuk AKAP dilengkapi fasilitas memadai berupa reclining seat, central entertainment, minuman, dan USB port untuk charge. Sementara itu, bus pelajunya dilengkapi AC dan kursi nyaman saja karena kebanyakan perjalanan hanya menempuh waktu paling lama 1-2 jam.
- Operator bus ini melayani pemesanan tiket bus secara offline melalui agen dan terminal, atau online melalui aplikasi seperti redBus.
- Jadwal Mandala dimuai dari jam 09.00 dan bis terakhirnya berangkat sekitar jam 13.00. Setiap rute tentu memiliki jadwal keberangkatan pertama dan terakhir yang berbeda. Informasi tentang jadwal Mandala juga bisa kita ketahui dari aplikasi redBus.
- Untuk rute dalam provinsi, jadwal Mandala berangkat adalah setelah subuh dari Mojokerto, Kertosono, atau Jombang dan akan tiba sekitar jam 07.00 di Surabaya.
- Di masa pandemi seperti saat ini, PO Mandala bersama redBus menerapkan kebijakan Safety+. Kebijakan ini mewajibkan setiap staf, sopir, dan penumpang untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M. Tidak hanya itu, Mandala juga berkomitmen untuk selalu melakukan sterilisasi pada setiap armada sebelum dan sesudah perjalanan.
Berdasarkan pelayanan dan fasilitas yang diberikan, Mandala layak mendapatkan rating 4,5 dari 5.